PENERAPAN PROGRAM LITERASI AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH MANONGKOKI

Authors

  • Rizka Irdayanti
  • syarikal STAI YAPIS Takalar
  • sumarni

Abstract

Penelitian ini membahas kemampuan peserta didik dalam membaca al-Qur’an dengan tujuan untuk: 1) mengetahui proses pelaksanaan program literasi al-Qur’an di Madrasah Aliyah Manongkoki, dan 2) mengetahui dampak program literasi al-Qur’an terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di Madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan religius. Data yang digunakan berasal dari sumber primer dan sekunder, yang mencakup wawancara dengan beberapa informan di lokasi penelitian serta referensi dari jurnal, buku, dan catatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi al-Qur’an mampu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam membaca dan menghafal al-Qur’an. Program ini memberikan dampak yang sangat baik bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Manongkoki, tidak hanya dalam hal pembacaan dan penghafalan al-Qur’an, tetapi juga dalam pendidikan akhlak melalui ayat-ayat yang dibaca. Dengan demikian, penerapan program literasi al-Qur’an tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kecintaan dan pemahaman terhadap al-Qur’an, tetapi juga membentuk karakter dan moralitas peserta didik secara keseluruhan.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Irdayanti, R., syarikal, & sumarni, sumarni. (2025). PENERAPAN PROGRAM LITERASI AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH MANONGKOKI. Journal of Islamic Teaching and Learning, 1(1), 45–57. Retrieved from https://e-journal.staiyapistakalar.ac.id/index.php/jitel/article/view/306