STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDN ALLUKA KABUPATEN GOWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bentuk perilaku bullying secara verbal di SD Negeri Alluka, 2) Mengetahui faktor terjadinya perilaku bullying secara verbal di SD Negeri Alluka, 3) Mengetahui strategi guru PAI dalam menangani permasalahan bullying secara verbal di SD Negeri Alluka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis dan sosiologis. Sedangkan untuk sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang dimana memperoleh hasil wawancara dengan beberapa informan di tempat penelitian dan juga mengambil beberapa rujukan dari jurnal dan buku beserta catatan observasi untuk data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying verbal yang terjadi di SDN Alluka Kabupaten Gowa seperti mengejek, memfitnah, mencela. Faktor penyebab terjadinya perilaku bullying verbal adalah faktor keluarga, pengaruh media dan teknologi, dan waktu-waktu kosong. Strategi yang dapat dilakukan guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying verbal di antaranya adalah: memberikan nasehat/himbauan, memberikan hukuman Ketika melakukan tindakan bullying verbal, melakukan pengawasan, memberikan imbalan kepada peserta didik yang menghindari perilaku bullying verbal serta guru dapat berkolaborasi dengan orang tua peserta didik.




