PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN Al – QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MANONGKOKI
Keywords:
Model Problem Based Learning, Pembelajaran Al – Qur’an HaditsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana guru mata pelajaran al-Qur’an Hadits merencanakan penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), 2) Mengetahui penerapan model PBL dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits di MTs Manongkoki, dan 3) Mengetahui evaluasi terhadap penerapan model PBL dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits di MTs Manongkoki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pedagogik. Data yang digunakan terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan beberapa informan di lokasi penelitian dan observasi di kelas, serta data sekunder yang diambil dari jurnal, buku, dan catatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang matang merupakan langkah awal yang sangat penting dalam setiap proses pembelajaran. Perencanaan ini bertujuan untuk menetapkan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran agar proses belajar mengajar berjalan lebih terstruktur dan efektif. Dalam penerapan model PBL, kegiatan dimulai dengan doa bersama untuk keberhasilan pembelajaran. Guru kemudian menyampaikan materi dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari solusi atas permasalahan yang diberikan. Setelah itu, peserta didik dibagi dalam kelompok untuk berdiskusi dan mencari solusi. Evaluasi dilakukan melalui pengumpulan tugas oleh peserta didik untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaan materi, sehingga guru dapat mengidentifikasi kekurangan dan melakukan perbaikan yang diperlukan.




