HUBUNGAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP HASIL PELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH BULUKUNYI
Keywords:
Prilaku Belajar, Hasil Belajar Peserta Didik.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui perilaku belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Bulukunyi. 2) mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Quran hadi di Madrasah Aliyah Bulukunyi. 3) mengetahui apakah terdapat hubungan perilaku belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an hadis di Madrasah Aliyah Bulukunyi.Jenis penelitian ini adalah ex post facto yang merupakan bagian dari penelitian kuantitatif dengan pendekatan pedagogik. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik di Madrasah Aliyah Bulukunyi yang diperoleh menggunakan random sampling. Jumlah sampel pada Madrasah Aliyah Bulukunyi 20 orang peserta didik. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rat-rata perilaku belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an hadis adalah 70 % berada pada kategori mampu. Adapun hubungan antara perilaku belajar dengan hasil belajar diperoleh nilai r sebesar 0,555 yang berada pada interval 0,40-0,599 dengan tingkat hubungan cukup. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung 2,831 > ttabel 1,740. Dari hasil hipotesis dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat hubungan antara perilaku belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajran al-Qur’an hadis di Madrasah Aliyah Bulukunyi.




