PENGGUNAAN METODE PENDEKATAN PERSUASIF TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII IPS DI MADRASAH ALIYAH DA’WATULISLAMIAH PATTALLASSANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memahami bagaimana penerapan keyakinan moral melalui metode persuasif dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Da’watul Islamiyah Pattallassang, dan 2) mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat serta mendukung penggunaan pendekatan persuasif dalam meningkatkan ketertiban siswa di sekolah tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pedagogik. Data primer dan sekunder diperoleh melalui wawancara dengan informan, referensi jurnal, buku, serta catatan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan persuasif dalam pengajaran akidah akhlak berpengaruh positif pada kedisiplinan siswa, sehingga meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam proses pembelajaran. Faktor-faktor pendukung mencakup partisipasi aktif siswa, kompetensi pendidik, minat belajar yang tinggi, dukungan orang tua, serta ketersediaan fasilitas pembelajaran yang memadai. Di sisi lain, terdapat tantangan berupa perbedaan pemahaman di antara siswa, yang membuat beberapa siswa sulit menyesuaikan diri dengan pendekatan persuasif. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mengakomodasi perbedaan tersebut agar metode persuasif dapat diterapkan secara efektif dan konsisten dalam proses pembelajaran, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung terciptanya disiplin dan ketertiban siswa di sekolah.




