EFEKTIVITAS PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SDN 140 INPRES TOMPOTANAH

Authors

  • Al Ifdayani Syariful
  • Nureni STAI YAPIS Takalar
  • Muhammad Armin STAI YAPIS Takalar

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moderasi beragama di SMA Negeri 1 Takalar 2) mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moderasi beragama di SMA Negeri 1 Takalar 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan moderasi beragama di SMA Negeri 1 Takalar. Jenis penelitiain ini aidailaih deskriptif kuailitaitif dengain menggunaikain pendekaitain psikologis dan sosiologis. Sedaingkain untuk sumber daitai dairi penelitiain ini aidailaih daitai primer dain sekunder yaing dimainai memperoleh haisil observaisi dain waiwaincairai dengain beberaipai informain di tempait penelitiain dain jugaimengaimbil beberaipai rujukain dairi jurnail dain buku untuk daitai sekunder. Haisil penelitiain menunjukkain baihwai: 1) dalam pembinaan moderasi beragama guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan teladan (role model). 2) strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moderasi beragama yaitu: pendekatan keteladanan dan doktrinasi nilai-nilai agama masing-masing. 3) faktor pendukung dalam pembinaan moderasi beragama yaitu: dukungan seluruh pihak sekolah, sarana dan prasarana, dukungan orang tua siswa serta karakter peserta didik yang berbeda-beda. Sedangkan faktor penghambat yaitu: kurangnya minat dan perhatian siswa, kurangnya didikan dari orang tua dan tingginya rasa malas yang ada pada diri peserta didik. Jaidi Penelitiain menunjukkain baihwa di SMA Negeri 1 Takalari, pembinaan moderasi beragama sudah berjalan dengan baik hanya sebagian kecil peserta didik yang belum maksimal, hal ini dikarenakan guru Pendidikan Agama Islam dapat menjalankan perannya dengan baik yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan teladan (role model), serta didukungan oleh seluruh pihak sekolah dan orangtua/wali peserta didik.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Syariful, A. I., Nureni, & Muhammad Armin. (2025). EFEKTIVITAS PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SDN 140 INPRES TOMPOTANAH. Journal of Islamic Teaching and Learning, 1(1), 12–24. Retrieved from http://e-journal.staiyapistakalar.ac.id/index.php/jitel/article/view/309