PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 SANROBONE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1). Untuk mengetahui pendekatan komunikatif guru PAI di SMPN 1 Sanrobone. 2). Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Sanrobone. 3). Untuk mengetahui peningkatan penerapan pendekatan komunikatif terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMPN 1 Sanrobone. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar pedoman wawancara dengan dokumentasi, dengan menganut pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologis. Serta menggunakan 3 teknik mengolah dan menganalisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pendekatan komunikatif telah diterapkan oleh guru di SMP Negeri 1 sanrobone, dengan menganggap bahwa pendekatan komunikatif lebih efesien untuk mengatasi siswa yang cenderung pasif dalam pembelajaran karena lebih praktis dan fleksibel. 2). Pendekatan komunikatif dalam penerapannya dapat menjadi motivasi dari luar atau lingkungan bagi siswa dalam proses pembelajaran karena dalam penerapannya itu dengan memberikan penjelasan berupa pertanyaan dan pernyataan yang mudah dimengerti oleh siswa dan membuatnya tertarik untuk mengeluarkan pendapatnya. 3). Dalam penerapannya pendekatan komunikatif ini menjadi motivasi bagi siswa dalam proses pembelajaran karena lahirnya rasa ingin tahu yang diciptakan dari mendengar pertanyaan ataupun jawaban dari teman sekelasnya atau motivasi belajar juga bisa datang dari cara komunikasi guru yang memancing siswa untuk bertanya