IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.69834/dn.v13i2.174Keywords:
Keywords: Psikologi; Humanistik; PembelajaranAbstract
Education at this time has entered the stage of an ethical crisis, because the focus is on results so that they have selling power. theoretical studies to remind us of humanistic theory. Educators must be able to play their role as facilitators for students so that they reach the stage of being able to actualize themselves as human beings in society.
References
Afiatin, T. 2007. Strategi Pembelajaran dengan Paradigma Student Centered Learning (makalah dalam Lokakarya Peningkatan Pembelajaran melalui SCL, FPISB UII, Yogyakarta, 4 April 2007)
Akhmadi. 2018. “Humanistik; dari Teori Hingga Implementasi Dalam Pembelajaran”. Journal Islamic Akademika 9 (1) 2013
Baharuddin dan Moh. Makin, Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori, dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007)
Fitri, Agus Zaenul, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, (Bandung: ALVABETA cv, 2013)
H. Dale, Schunk,. Learning Theories an Educational Perspective, terjemah Teori- teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar,. 2012,
Haryu, ”Psikologi Humanistik”, Aplikasi Psikologi Humanistik dalam Dunia Pendidikan di Indonesia, Vol. 01, No. 01, 2006
Haryu,”Psikologi Humanistik”, Aplikasi Psikologi Humanistik dalam Dunia Pendidikan di Indonesia, Vol. 01, No. 01, 2006
Husnu, Hotimah, l. "Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Edukasi 7.2 (2020)
Masbur, “Teori Humanistik”, Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Perspektif Abraham Maslow, Vol. 01, No. 01, 2015
Rianto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta, Kencana, 2010
Thobroni, Muhammad, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
Tiningrum Jamil Supriha, Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Utami Erna Nur,” Teori Belajar Humanistik Dan Implementasinya Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal MUDARRISUNA Vol. 10 No. 4. 2002
Wati Mona eka, Nevi Yarni, “Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasi Pada Proses Belajar Pembelajaran”,,Jurnal ReviewPendidikan dan Pengajaran, Vol. 2 No. 2, 2019
Wuryani, Sri Esti Djiwandono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Grasindo, 2006),
Yatim, Riyanto, PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, (Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP, 2010)
Yunalis, Murida,. “Kajian Teori Humanistik Maslow Dalam Kurikulum 2013”. Journal Al- Idrah: Jurnal Kependidikan Islam 2019
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran,
Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Imel Putri Dewita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.