IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SMART SHCOOL DAN PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 12 SINJAI

Authors

  • Umar Umar Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai
  • Sry Wulan Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Nuril Fahmi Universitas Islam Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.69834/dn.v14i1.217

Keywords:

Teknologi Pembelajaran, Smart School, Penguatan Karakter Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana implementasi teknologi pembelajaran Smart School dalam mendukung penguatan karakter religius siswa SMA pasca kebijakan kurikulum merdeka di Indonesia. Terdapat fakta permasalahan pembelajaran yang berkaitan dengan penggunaan media teknologi pembelajaran dan penguatan karakter religius siswa di sekolah seperti inovasi, implementasi, evaluasi, optimalisasi media teknologi dan internalisasi. Penelitian ini mengemukakan implementasi Smart School dalam penguatan karakter religius siswa. Metode kualitatif pendekatan fenomenologi di SMAN 12 Sinjai digunakan untuk mengumpulkan data observasi dan wawancara dengan informan terpilih serta dukungan dokumentasi relevan. Selanjutnya data dianalisis secara reduksi, display dan verifikasi untuk memberikan gambaran sesuai fokus permasalahan. Temuan menunjukkan bahwa SMAN 12 Sinjai menggunakan teknologi pembelajaran Smart School berbasis Learning Management System (LMS) terimplementasi secara baik sehingga mendukung kenyamanan belajar dan melengkapi kebutuhan informasi bagi guru dan siswa selama pembelajaran. Selain itu Smart School mendukung penguatan karakter religius siswa sehingga berdampak pada budaya sekolah, ketaatan beribadah wajib dan berjamaah, disiplin waktu, doa bersama, pengamalan rutin literasi Al-Qur’an, dan terciptanya saling menghargai. Pemanfaatan Smart School perlu memperhatikan aspek tantangan yang menyertainya.

This research aims to reveal the implementation of Smart School learning technology and strengthening the religious character of high school students after the 'Kurikulum Merdeka' policy in Indonesia. There are facts about learning problems related to the use of learning technology media and strengthening students' religious character in schools such as innovation, implementation, evaluation, optimization of technology media and internalization. The qualitative phenomenological approach method at SMAN 12 Sinjai was used to collect observation and interview data with selected informants as well as relevant documentation. Next, the data is analyzed by reduction, display and verification to provide an overview according to the focus of the problem. The findings show that SMAN 12 Sinjai uses Smart School learning technology based on the Learning Management System (LMS) and implemented well so that it supports learning comfort and completes the information needs of teachers and students during learning. Apart from that, Smart School supports strengthening students' religious character so that it has an impact on school culture, observance of mandatory and congregational worship, time discipline, group prayer, regular practice of Al-Qur'an literacy, and the creation of mutual respect. Utilizing Smart School requires paying attention to the challenges .

References

Akbar, M. B., Sari, Y. P., & Sutabri, T. 2023. Analisis Smart School Manajemen Layanan Ujian Akhir Semester Pada Aplikasi Qualitiva menggunakan Framework ITIL Versi 3 di SMA. Bulletin of Information Technology (BIT), 4(4).

Asmani, J. M. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. III. Yogyakarta: Diva Press.

Azhari, H. 2019. Analisis kebijakan pemanfatan teknologi informasi dalam pendidikan. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 2(1), 209–235. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554210

Badawi, A. P. 2020. Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1).

Badry, I. M. S., & Rahman, R. 2021. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. An-Nuha, 1(4), 573–583. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.135

Cipta, E. S., Husaeni, A. S., Cahyati, C., & Anwar, F. 2023. Analisis Pengaruh Media Digital terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(3), 109–115. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i3.271

Creswell, W. J. 2012. Educational Research, Planning, Conductin and Evaluating Quantitative and Qualitative (Four Edition) (Four Editi). Boston: Person.

Degeng, I. N. S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori Dan Penelitian. Bandung: Aras Media.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., & Octafianti, M. 2021. Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. JurnalBasicedu, 5(6).

Elmuabrok, Z. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai (Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus, Dan Menyatukan Yang Tercerai) ( dited by D. R. & Hidayat (eds.)). Bandung: Alfabeta.

Fadli, S., & Pardiyansyah, A. S. 2022. Sistem Informasi Sekolah Dalam Penerapan Smart School Untuk Meningkatakan Pelayanan Sekolah. Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi (MISI), 5(1), 95–108. https://doi.org/10.36595/misi.v5i1

Haqibillah, F. H. A. M. Z. 2022. Pemanfaatan Teknologi (LCD dan Aplikasi Power Point) dengan Model Pembelajaran Talking Stick dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(1).

Harahap, N. 2020. Penelitian Kualitatif. (H. Sazali (ed.) (ed.). Medan: Wal Ashri Publishing.

Ismia, N. F., & Harmanto. 2020. Strategi Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui. Jcms, 5(1).

Iswanto, R. 2017. Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna?: Jurnal Bahasa Arab, 1(2).

Jamaluddin;, U. 2023. Cybergogy untuk Implementasi Pembelajaran PAI yang Bermakna. Sentikjar, 2, 1–12. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1840

Joyce, B., Marsha, W., & E., C. 2013. Models of Teaching (Fifth Edition). This Fifth. New Delhi: Indian, Reprint.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Bahan Ajar Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Khadaffi, Y., & Kurnia, W. 2021. Aplikasi Smart School Untuk Kebutuhan Guru Di Era New Normal (Studi Kasus?: Sma Negeri 1 Krui). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2).

Kurniawan, M. W. 2021. Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750

Kusuma, D. 2011. Pendidikan Karakter, Kajian Teori Dan Praktek Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Latri, L., Rahman, H., Mahmud, R., Asti, A. F., Angraningsi, D., Jamaluddin, J., & Umar, U. 2022. Development of Social Science Textbooks Integrated with Islamic and Local Culture Values. Journal of Educational Science and Technology (EST), 8(3), 188. https://doi.org/10.26858/est.v8i2.38693

Lickona, T. 2013. Education For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter). Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A., & Andayani, D. 2017. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Makarim, H., & Fauzi, F. 2022. Pelaksanaan blended learning di SD Islam Al-Mujahidin Cilacap sebagai solusi pembelajaran di era new normal. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 400. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7487

Makki, A. 2020. Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam. Studi Islam, 15, No. 1(1).

Miles;, M. B., Huberman;, A. M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3 Edition) (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.

Nasution, J. E. 2021. Kurikulum PAI Di Dalam Pusaran Revolusi Industri 4th.0 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 19–26. www.lppm.uniks.ac.id

Novita, N. N. I. 2023. Penguatan Etika Digital Melalui Materi “Adab Menggunakan Media Sosial” Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73–93. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45

Nurgiansah, T. H. 2022. Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481

Nurqadriani, N., & Achmad, M. K. (2022, March). Efektivitas Penggunaan Google Form Sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 9 Takalar. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022.

Permana, D. 2021. Pemanfaatan Tik Dalam Implementasi Kurikulum Pai Di Sekolah/Madrasah (Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salaful Muhajirin di Singkut, Sarolangun, Jambi). Azhaaruna, 1(1).

Prasetyo;, A., Elok Nur Hamzana;, Meyti Eka Apriyani;, Budi Harijanto;, & Sofyan Noor Arief. 2022. Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru SD Mafaza Integrated Smart School dan SMK PGRI 3 Malang. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1539–1542. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Riyan, A. B., Afandi, D. T., Hartati, T., Amalia, D. R., & Nurdiawan, O. 2021. Smart School Sebagai Sarana Informasi Sekolah di SDIT Ibnu Khaldun Cirebon. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 284. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3681

Safitri, A., Atmadja, N. B., & Mudana, I. W. 2019. Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Siswa IPS di SMAN 1 Singaraja Oleh?: Jurusan Sejarah , Sosi. E-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Sejarah, Sosiologi Dan Perpustakaan (Volume, 1(3), 257–266.

Sahar, S. (2021). MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF. Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman dan Kemasyarakatan, 11(1).

Salirawati, D. 2021. Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1pl.

Santoso, F. B. 2019. Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0 PENGEMBANGAN.

Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Keempat). Jakarta; Kencana.

Shunk, H. D. 2012. Learning Theories An Educational Perspective (Six Edition) (Six Editi.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thang, S. M., Murugaiah, P., Lee, K. W., Hazita Azman, Tan, L. Y., & Lee, Y. S. 2010. Grappling with technology: A case of supporting Malaysian Smart School teachers’ professional development Puvaneswary Murugaiah. Australasian Journal of Educational Technology, 26(3), 400–416. https://pdfs.semanticscholar.org/fbb4/987c0e8245cadd04ee1150ec33d9c8d68fe4.pdf

Umar;, Setyosari;, P., Kamdi;, W., & Sulton. 2021. Exploration of Moral Integrity Education and Superior Cadre Leadership at Madrasah Boarding School Indonesia. International Journal of Instruction, 14(4).

Umar. 2016. Studi Tekhnologi PAI dari Sejarah Islam Hingga Era Modern (Tinjauan Historis Pemanfaatan, Agenda Aksi dan Perubahan Pendidikan). Al-Qalam; Jurnal Kajian Islam & Kependidikan, 8(1).

Umar. 2017. Pendekatan Pembelajaran dari Berbasis ICT Ke Era Big Data, Reorientasi Pembelajaran PAI dalam Paradigma Konstruktivisme. Al-Qalam; Jurnal Kajian Islam & Kependidikan, 9(1).

Umar, & Ismail. 2021. Learning Construction of Students of Prospective Teacher Based on Digital Literacy in the Era of Pandemic Covid-19. BIS-HSS, 2–9. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311617

Umar, & Nimah, S. 2020. Revitalisasi Iptek Modern Dalam Gagasan Ilmuan Dan Perspektif Islam. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(1), 30–50. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v5i1.294

Umar, U., Puadi, N., & Judrah, M. 2021. Bagaimana Menginternalisasi Karakter “Mappatabe” Pada Anak Usia Sekolah Dasar?, Studi Fenomenologi Peran Orang Tua. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(1), 49–60. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i1.619

Wahyudin, A. Y., Darwis, D., Cindiyasari, S. A., & ... 2023. Penerapan Smart School Untuk Meningkatkan

Mutu Pembelajaran dan Pelayanan di SMK Islam Adiluwih Pringsewu Provinsi Lampung. Prosiding Seminar …, 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/19506

Yumarni, A. 2019. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(2), 112–126. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.894

Zabir, A. 2018. Pengaruh pemanfaatan teknologi pembelajaran Terhadap motivasi belajar siswa smpn 1 lanrisang Kabupaten pinrang. Universitas Negeri Makassar.

Published

2024-08-14

How to Cite

Umar, U., Wulan, S., & Fahmi, N. (2024). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SMART SHCOOL DAN PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 12 SINJAI. Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman Dan Kemasyarakatan, 14(1), 9–19. https://doi.org/10.69834/dn.v14i1.217