METODE LANGSUNG (AL-TARIQAH AL-MUBISYARAH) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Authors

  • Sulkifli Sulkifli UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.69834/dn.v14i2.204

Keywords:

DIRECT METHODS, LEARNING, ARABIC LANGUAGE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang metode langsung (al-Tar?qah al-Mub?syarah); definisi, karakteristik, langkah- langkah penerapan, pembagian, kelebihan dan kekurangan serta cara menanggulani hambatan-hambatan dalam penerapannya. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori library research atau kajian pustaka, yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai bahan pustaka seperti buku, hasil penelitian sejenis sebelumnya, artikel, catatan, dan berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang diteliti Implikasi kajian ini memiliki kontribusi terhadap pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan  merupakan metode yang cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Metode ini berasal dari asumsi dasar bahwa belajar bahasa asing tidak jauh berbeda dengan belajar bahasa ibu, yaitu dengan menggunakan bahasa secara langsung dan intensif dalam komunikasi sehari-hari, dimana tahapannya dimulai dari mendengarkan kata, menirukan secara lisan, mengarang dan membaca. Melalui metode ini diharapkan memberikan kemudahan bagi seorang guru dalam mengajarkan bahasa Arab kepada peserta didiknya, sehingga peserta didik menjadi lebih percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Arab.

This research aims to describe the direct method (al-Tar?qah al- Mub?syarah); definition, characteristics, implementation steps, division, advantages and disadvantages and how to overcome obstacles in its implementation. This type of research is included in the category of library research or literature review, namely research activities carried out by collecting information and data with the help of various library materials such as books, results of previous similar research, articles, notes and various journals related to the problem being studied. Implications This study has a contribution to Arabic language learning. The results of this research show that the direct method is a fairly effective method in improving students' speaking skills. This method departs from the basic assumption that learning a foreign language is not much different from learning a mother tongue, namely by using the language directly and intensively in daily communication, where the stages starting from listening to words, imitating orally, composing and reading are developed later. Through this method, it is hoped that it will make it easier for a teacher to teach Arabic to his students, so that students become more confident in communicating in Arabic.

References

Arsyad, M. Husni.. “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.” Shaut al Arabiyyah 7.1 (2019), 13-30. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.8269.

Adawiyah, Yayah Robi’atul, Sulton Firdaus dan Istibsyaroh Istibsyaroh. “Penguatan Metode Mubasyaroh Terhadap Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Lembaga Kelompok Studi Khusus (KSK) Fathimatuzzahro’ Paiton Probolinggo,” Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 12.1 (2022), 118–35.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ls.v12i1.13378

Bakri, Muhammad Ali. “Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab,” Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1.1 (2017), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2385

Baroroh, R. Umi, dan Fauziyah Nur Rahmawati. “Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 9.2 (2020), 179–196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181.

Chalik, Sitti Aisyah. “Metode Langsung (Al-Tar?qah Al-Mub?syarah) dan Strategi Pembelajarannya,” Shaut al Arabiyyah, 8.2 (2020), 161–68. https://doi.org/10.24252/saa.v8i2.17788

Fajrin, Ria Meri. “Penerapan Metode Langsung Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab,” LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 10.2 (2020), 342–58. https://doi.org/10.22373/ls.v10i2.8834

Gunawansyah dan N Mutmainah. “Efektivitas Penggunaan Thariqah Mubasyarah dalam Mengatasi Rendahnya Maharah Kalam Pada Materi Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 1 Kota Bima,” AL- AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 5.2 (2021), 30–44

Ilyas, Hamka dan Sulkifli. “Prosedur Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab,” JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic, 2.2 (2022), 81–83

https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jael.v2i2.32484

Mulyani, Weni Sainur, Fachrur Razi dan Agus Mulyana. “Pengaruh Penggunaan Thariqah Mubasyarah Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII di Sekolah Qur’an Indonesia Megamendung,” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2.1 (2021), 25–26. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.3621

Nur, Ifa Rodifa, dan Fitri Setyo Rini. “Penerapan Metode Langsung Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo.” Khadimul Ummah 1.1 (2017), 1–8. https://doi.org/10.21111/ku.v1i1.1417.

Rahmah, Risa Rabiatur, Azizatul Muzdalifah dan Mu’alim Wijaya. “Penggunaan Thariqah Mubasyarah sebagai Pembelajaran Bahasa Arab yang Efektif,” Al Maghazi: Arabic Language in Higher Education, 1.1 (2023), 23–29. https://doi.org/10.51278/al.v1i1.706

Sari, Milya, dan Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA,”

NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6.1 (2020), 41–53

Sherina, Putri, dan Faisal Hendra. “Analisis Komparatif antara Metode Gramatika Terjemah dan Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” Jurnal Multidisiplin West Science, 03.03 (2024), 255–

https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jmws.v3i03.1031

Siregar, Zulli Umri, dan Arif Rahman Nurhakim. 2018. “Implementasi Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban 2.2 (2018), 133–140. https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9550.

Published

2024-12-28

How to Cite

Sulkifli, S. (2024). METODE LANGSUNG (AL-TARIQAH AL-MUBISYARAH) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Dahzain Nur : Jurnal Pendidikan, Keislaman Dan Kemasyarakatan, 14(2), 62–68. https://doi.org/10.69834/dn.v14i2.204