MATEMATIKA SPIRITUAL: EKSPLORASI KONSEP PAHALA DALAM AJARAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.69834/dn.v15i1.286Keywords:
spiritual mathematics, good deed, reward, Islamic teachings, divine logicAbstract
This study aims to explore how every good deed can yield abundant rewards within the framework of spiritual mathematics. The research adopts a literature review (library research) approach by analyzing various religious texts related to the topic. The findings reveal that every good deed is rewarded with at least tenfold returns, but in some cases, it may yield none, depending on the belief that Allah swt grants rewards based on specific criteria and divine principles. Although mathematically, equations like 1 + 1 = 10 or 1 + 1 = 0 may seem illogical, in the spiritual context, such outcomes are grounded in the logic of sincerity, divine approval, compassion, blessings, and abundance non-material consequences of righteous actions. The belief that small acts can lead to significant outcomes is a core teaching in Islamic spirituality. Understanding this concept can inspire and motivate individuals to perform more good deeds with the conviction that every positive action can bring far-reaching and meaningful impacts, both personally and socially.
References
Amah, F. M., & Panggiarti (2023). Peran Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Sebagai Kontributor Peningkatan Kesejahteraan untuk Masyarakat yang Membutuhkan. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4). doi:https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.691
Abdullah, N. L. (2023). konsep sedekah dalam prespektif muhammad assad. nihaiyyat: Journal of Islamic Interdisciplinary Studies, 2(1). https://ejournal.tmial-amien.sch.id/index.php/nihaiyyat/index
Aliya, C., dkk. (2024). Menggali Keutamaan al-Qur’an: Pondasi Ajaran Yang Menyatukan Umat, Moral . Jurnal kajian Pendidikan Islam , 1(4). doi:https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.222
Almasoem.sch.id. (2024). Pahala untuk kebaikan bisa berlipat sampai 700 kali. https://almasoem.sch.id/saling-doa/pahala-untuk-kebaikan-bisa-berlipat-sampai-700-kali/
Detik.com. (2024). 10 Dalil tentang sedekah menurut Al-Qur’an dan Hadits. https://www.detik.com/hikmah/ziswaf/d-6948303/10-dalil-tentang-sedekah-menurut-al-quran-dan-hadits
Fajri, M. (2023). Hilirisasi Penelitian Kepustakaan dalam Pengembangan Ilmu Keislaman. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(1), 56-67. Diambil kembali dari https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah
Hidayatulloh, M. D. (2023). Makna Umum Al-Qurán dan Kedudukannya sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. Setyaki: Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.59966/setyaki.v1i1.5
Julianti, A., dkk. (2024). Analisis Tingkat Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kesehatan Mental Pada Mahasiswa/i UIN Siber Syehk Nurjati Cirebon. Indonesian Journal of Islamic Education, 2(3). doi:https://dx.doi.org/10.31949/ijie.v2i3.12487
Juniar, N. S., & Putri (2023). Pengaruh Membaca Al-Qur’an terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 1(6). https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index
Kementerian Agama RI. (2024). Surah Al-Baqarah ayat 261. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/2?from=261&to=261
Kementerian Agama RI. (2024). Surah At-Taubah ayat 103. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/9?from=103&to=103
Kementerian Agama RI. (2024). Hikmah ketulusan sedekah karena Allah. https://kemenag.go.id/hikmah/hikmah-ketulusan-sedekah-karena-allah-Q5P4i
Kementerian Agama RI. (2024). Surah Al-Ma’idah ayat 2. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/5?from=2&to=2
Kementerian Agama RI. (2024). Surah Az-Zalzalah ayat 7–8. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/99?from=7&to=8
Maghrobi, Z. A., Iqbal, I. M., & Murdianto, &. (2024). Tolong-menolong dalam Kebaikan dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran Ayat-ayat Ta’awun dalam Tafsir Al-Munir). BUNYAN AL-ULUM: Jurnal Studi Islam, 1(1), doi:https://doi.org/10.58438/bunyanalulum.v1i1.238
Nelisa, S., Muraini, N., & Usman. (2023). Analisis Peran Sedekah sebagai Metode dalam Meningkatkan Pengimplementasian Sistem Ekonomi Syariah di Masyarakat. Jurnal Mahasiswa Akuntansi, 2(2), https://jamak.fe.ung.ac.id/index.php/jamak/article/view/99
NU Jateng. (2024). Setiap huruf Al-Qur’an dapat pahala kebaikan 10 kali lipat. https://jateng.nu.or.id/taushiyah/setiap-huruf-al-qur-an-dapat-pahala-kebaikan-10-kali-lipat-qxO1s
Oktarina, M. (2020). Faedah Mempelajari dan Membaca Al-Quran dengan Tajwid. SERAMBI: TARBAWI: Jurnal studi pemikiran, riset dan pengembangan Pendidikan islam, 8(2), doi:http://dx.doi.org/10.32672/tarbawi.v8i2.5072
Prasetyo, M. R., & Rosfiani, (2023). mengajar mengaji di yayasan al-kayyis banten. seminar nasional pengabdian masyarakat, http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Prayudi, A., dkk. (2023). Studi Literatur : Penggunaan Model Analogi dalam Proses Pembelajaran. Ainara: Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 4 (1), doi:https://doi.org/10.54371/ainj.v4i1.203
Pulungan, I. A., dkk. (2023). Analisis Literasi Zakat, Infaq dan Shadaqah Melalui Penggunaan Mobile Banking. JISFIM: Journal of Islamic Social Finance Management, 4(1), doi:https://doi.org/10.24952/jisfim.v4i1.9392
Sari, M., & Asmendri, (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syarifah. (2023). Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023, doi:https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7557
Wardani. (2024). Berbuat baiklah ke semua orang sekecil apa pun. https://www.uin-antasari.ac.id/berbuat-baiklah-ke-semua-orang-sekecil-apa-pun/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Makmur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.