MATEMATIKA SPIRITUAL: EKSPLORASI KONSEP PAHALA DALAM AJARAN ISLAM

Authors

  • Makmur Makmur Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso

DOI:

https://doi.org/10.69834/dn.v15i1.286

Keywords:

spiritual mathematics, good deed, reward, Islamic teachings, divine logic

Abstract

This study aims to explore how every good deed can yield abundant rewards within the framework of spiritual mathematics. The research adopts a literature review (library research) approach by analyzing various religious texts related to the topic. The findings reveal that every good deed is rewarded with at least tenfold returns, but in some cases, it may yield none, depending on the belief that Allah swt grants rewards based on specific criteria and divine principles. Although mathematically, equations like 1 + 1 = 10 or 1 + 1 = 0 may seem illogical, in the spiritual context, such outcomes are grounded in the logic of sincerity, divine approval, compassion, blessings, and abundance non-material consequences of righteous actions. The belief that small acts can lead to significant outcomes is a core teaching in Islamic spirituality. Understanding this concept can inspire and motivate individuals to perform more good deeds with the conviction that every positive action can bring far-reaching and meaningful impacts, both personally and socially.

References

Amah, F. M., & Panggiarti (2023). Peran Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) Sebagai Kontributor Peningkatan Kesejahteraan untuk Masyarakat yang Membutuhkan. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4). doi:https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.691

Abdullah, N. L. (2023). konsep sedekah dalam prespektif muhammad assad. nihaiyyat: Journal of Islamic Interdisciplinary Studies, 2(1). https://ejournal.tmial-amien.sch.id/index.php/nihaiyyat/index

Aliya, C., dkk. (2024). Menggali Keutamaan al-Qur’an: Pondasi Ajaran Yang Menyatukan Umat, Moral . Jurnal kajian Pendidikan Islam , 1(4). doi:https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.222

Almasoem.sch.id. (2024). Pahala untuk kebaikan bisa berlipat sampai 700 kali. https://almasoem.sch.id/saling-doa/pahala-untuk-kebaikan-bisa-berlipat-sampai-700-kali/

Detik.com. (2024). 10 Dalil tentang sedekah menurut Al-Qur’an dan Hadits. https://www.detik.com/hikmah/ziswaf/d-6948303/10-dalil-tentang-sedekah-menurut-al-quran-dan-hadits

Fajri, M. (2023). Hilirisasi Penelitian Kepustakaan dalam Pengembangan Ilmu Keislaman. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(1), 56-67. Diambil kembali dari https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah

Hidayatulloh, M. D. (2023). Makna Umum Al-Qurán dan Kedudukannya sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. Setyaki: Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(1). doi:http://dx.doi.org/10.59966/setyaki.v1i1.5

Julianti, A., dkk. (2024). Analisis Tingkat Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kesehatan Mental Pada Mahasiswa/i UIN Siber Syehk Nurjati Cirebon. Indonesian Journal of Islamic Education, 2(3). doi:https://dx.doi.org/10.31949/ijie.v2i3.12487

Juniar, N. S., & Putri (2023). Pengaruh Membaca Al-Qur’an terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 1(6). https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index

Kementerian Agama RI. (2024). Surah Al-Baqarah ayat 261. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/2?from=261&to=261

Kementerian Agama RI. (2024). Surah At-Taubah ayat 103. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/9?from=103&to=103

Kementerian Agama RI. (2024). Hikmah ketulusan sedekah karena Allah. https://kemenag.go.id/hikmah/hikmah-ketulusan-sedekah-karena-allah-Q5P4i

Kementerian Agama RI. (2024). Surah Al-Ma’idah ayat 2. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/5?from=2&to=2

Kementerian Agama RI. (2024). Surah Az-Zalzalah ayat 7–8. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/99?from=7&to=8

Maghrobi, Z. A., Iqbal, I. M., & Murdianto, &. (2024). Tolong-menolong dalam Kebaikan dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran Ayat-ayat Ta’awun dalam Tafsir Al-Munir). BUNYAN AL-ULUM: Jurnal Studi Islam, 1(1), doi:https://doi.org/10.58438/bunyanalulum.v1i1.238

Nelisa, S., Muraini, N., & Usman. (2023). Analisis Peran Sedekah sebagai Metode dalam Meningkatkan Pengimplementasian Sistem Ekonomi Syariah di Masyarakat. Jurnal Mahasiswa Akuntansi, 2(2), https://jamak.fe.ung.ac.id/index.php/jamak/article/view/99

NU Jateng. (2024). Setiap huruf Al-Qur’an dapat pahala kebaikan 10 kali lipat. https://jateng.nu.or.id/taushiyah/setiap-huruf-al-qur-an-dapat-pahala-kebaikan-10-kali-lipat-qxO1s

Oktarina, M. (2020). Faedah Mempelajari dan Membaca Al-Quran dengan Tajwid. SERAMBI: TARBAWI: Jurnal studi pemikiran, riset dan pengembangan Pendidikan islam, 8(2), doi:http://dx.doi.org/10.32672/tarbawi.v8i2.5072

Prasetyo, M. R., & Rosfiani, (2023). mengajar mengaji di yayasan al-kayyis banten. seminar nasional pengabdian masyarakat, http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Prayudi, A., dkk. (2023). Studi Literatur : Penggunaan Model Analogi dalam Proses Pembelajaran. Ainara: Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 4 (1), doi:https://doi.org/10.54371/ainj.v4i1.203

Pulungan, I. A., dkk. (2023). Analisis Literasi Zakat, Infaq dan Shadaqah Melalui Penggunaan Mobile Banking. JISFIM: Journal of Islamic Social Finance Management, 4(1), doi:https://doi.org/10.24952/jisfim.v4i1.9392

Sari, M., & Asmendri, (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syarifah. (2023). Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023, doi:https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7557

Wardani. (2024). Berbuat baiklah ke semua orang sekecil apa pun. https://www.uin-antasari.ac.id/berbuat-baiklah-ke-semua-orang-sekecil-apa-pun/

Published

2025-06-28

How to Cite

Makmur, M. (2025). MATEMATIKA SPIRITUAL: EKSPLORASI KONSEP PAHALA DALAM AJARAN ISLAM. Dahzain Nur, 15(1), 18–27. https://doi.org/10.69834/dn.v15i1.286