PENERAPAN PENDEKATAN PROSES SIMULASI KREATIF DALAM BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK

PENERAPAN PENDEKATAN PROSES SIMULASI KREATIF DALAM BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Syahrikal STAI YAPIS Takalar

Keywords:

Penerapan, Pendekatan, Simulasi

Abstract

Keahlian menulis dan  membaca wajib diketahui semua peserta didik di Madrasah Ibtidayyah sebab keahlian menulis dan membaca berkaitan cara pembelajaran peserta didik di Madrasah Ibtidayyah Ma'arif  Makassar. Kesuksesan pembelajaran peserta didik pada saat melaksanakan pada saat melaksanakan proses pembelajaran di sekolah  sudah menentukan penugasan keterampilan menulis dan membaca. Fungsinya proses bimbingan  bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidayyah Ma'arif  Makassar. Bisa tercapai dengan ideal. Apabila bimbingan sangat unggul, peserta didik MI Ma’arif Makassar (usia 7 – 8 tahun) berkecukupan mengikuti tahap bermain. Lewat bermain peserta didik selalu merasa bahagia serta enggak jenuh menuruti aktifitas belajarnya. Oleh karna itu pendidik mampu merencanakan bimbingan yang serasi dengan pertumbuhan emosional dan dermawan peserta didik agar peserta didik enggak selalu jenuh dan selalu bahagia dalam pembelajaran. Bimbingan dapat menjadi menyenangkan dan diverting, jika pendidik memiliki produktivitas dengan memberi kegiatan bermain  pada saat kegiatan bimbingan peserta didik. Membaca ialah teknik pola piker yang di kerjakan saat indra membaca. Membaca awal yaitu aktifitas membacapada tataran mengenal huruf/symbol bunyi. Permainan bahasa suatu permainan yang berhubungan mencapai kebahagiaan dalam melatih kompetensi berbahasa ( memahami, berkata, menulis serta membaca). Permainan berbahasa ialah permainan yang bersenang-senang serta melatih berkompetensi berbahasa. (menyimak, berbicara, membaca dan menulis). 

References

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahnya, (t.t.: PT Syamil Cipta Media:2005 ), h. 290.

Dian Sukmara, Implementasi Life Skill Dalam KTSP, (CV. Mughni Sejahtera : Bandung : 2007)

Farida Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, (Cet. III; Jakarta: PT Bumi Aksara: 2008)

M.Sukardjo Ukim Komarudin, Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya, (Jakarta: Rajawali Pers: 2009)

Tukiran Taniredja dkk, Model-Model Pembelajaran Inovatif (Cet. I; Bandung: Alfabeta: 2011

Kukuhsilautama, (2010), Model Pembelajaran Simulasi, http://kukuhsilautama.wordpress.com/2010/01/04/model-pembelajaran-simulasi/ diakses tgl 25 April 2021

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, (Cet. VI; Jakarta: PT Rajawali Pers: 2011)

LAPIS, Pembelajaran Bahasa Indonesia, ( AprintA :Surabaya : 2009)

Yatim Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, (Cet. II; Jakarta: Kencana: 2009)

Utami Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, (PT.Rineka Cipta : Jakarta )

Published

2021-08-25

How to Cite

Syahrikal. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN PROSES SIMULASI KREATIF DALAM BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK : PENERAPAN PENDEKATAN PROSES SIMULASI KREATIF DALAM BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA PESERTA DIDIK . Dahzain Nur, 11(1), 70–92. Retrieved from http://e-journal.staiyapistakalar.ac.id/index.php/DahzainNur/article/view/24